Sabtu, 06 September 2014

Sinopsis Novel karya Deni Kurniawan

*
Ini adalah Sinopsis Novel yang w bikin ,Novel ini berceritakan tentang kisah percintaan w yang selalu kurang beruntung,pacar pertama w pergi meninggalkan w demi cowok lain dan pacar kedua w pergi jauh dari kota Jakarta,lalu ketemu lah w dengan seorang wanita yang w jadikan sebagai sahabat w,tpi apa daya tiba-tiba rasa cinta w muncul kepada sahabat w sendiri sedangkan dia pun sudah mempunyai pacar begitupun w.

**
Perkenalkan nama w adalah Deni Kurniawan w adalah salah satu siswa SMK Prima Wisata,kata orang w adalah seseorang lelaki yang baik,perhatian,setia,jujur dan penuh dengan pengorbanan,tapi bisa dibilang w adalah orang yang paling menderita karena cinta,bagaimana tidak kesetian w selama hampir 2 tahun lebih disia-siakan,lalu sahabat w yang paling w percaya telah kecewa sama w.

Cinta yang w berikan kepada wanita pertama mengisi hati w hanya membuat w terluka karena penghianatan,dan pendustaan yang diberikan mantan w.
cinta yang tulus yang w berikan kepada Novi hanya dibales dengan luka yang menusuk hati w
pengorbanan demi pengorbana yang telah w berika namun tak ada hasilnya,hanya kekecewaanlah yang w dapat.

Tapi w terus mencoba sabar dengan keadaan ini,w lelah akan semua ini,lalu tibalah alam benak w kata putus asa dalam hidup ini,hingga w memutuskan untuk hidu dalam kesendirian,w hidup tanpa cinta,meski berat namun w terus mencoba menjalani realita hidup ini.

Hari-hari yang w jalani terasa sepi dan penuh dengan kegalauan,seolah-olah w udh merasa gak pantas lagi untuk hidup,sampai saat w sering memboos sekolah,agar gak akan pernah ketemu dia di sekolah,sikap w mingkin bisa dibilang bodoh,sehingga w tidak melihat masa depan,benar mungkin kata sahabat w mungkin sampai kapanpun dia gak bakalan mengerti perasaan w.

Setelah putus dari dia hidup w berantakan,setiap kali w bangun tidur hal yang pertama w rasaain itu pikiran w kosong,semangat hidup w hilang,hidup w terasa kesepian,meskipun w udah berusaha melakukan aktivitas dihidup w,seperti sekolah,bertemu teman-teman,belajar,tap entah kenapa w pernah konsen !00 %, w bagaikan hidup di dua dunia :
-satu yaitu dunia memory ketika w masih bersama dia
-dua yaitu dunia nyata dimana w udh kehilangan dia
ketika w pergi ketempat biasa yang sering w kunjungi berdua sama dia,ataupun melihat benda-benda yang berhubungan dengan dia,perasaan w langsung tidak menentu,padahal sudah banyka teman-teman w yang sering menghibur w dan memberikan masukan positif,agar w semangat lagi,tapi apa yang ada dipikiran w,tidak akan ada satu orangpun yang mengerti apa yangnw rasa,ketika malam datang dan w berada dikamar dalam senyapnya kesendirian,w pun merasa mengalami emosi yang berputar-putar,seperti ada rasa kangen,sedih,kesepian,marah dan benci.

Dulu kita selalu merangkai mimpi-mimpi dan harapan,dulu kamu berjanji takan pernah meninggalkanku,akupun percaya akan hal itu,tapi sekarang semuanya telah berubah,waktu dan keadaanlah yang telah mengubahnya,kamu mencintai orang lain selain aku,kamu memperlakukanya selayaknya dia lebih penting dibanding aku,sakit rasanya nov.

Rasa sakit ini seharusnya tidak membuat w menjadi lemah dan menyerah,namun menjadikan w belajar utuk menjadi lebih dewasa


Hy 


Apa kabar nov? Sudah lama banget ya kita ga berkomunikasi. Aku berharap waktu kamu baca surat ini, kamu baik-baik aja. Kamu sehat dan lagi tersenyum bahagia. Aku benar-benar merindukanmu. Merindukan semua yang ada di dirimu. Aku sedang menebak-nebak kamu sedang apa waktu membaca suratku ini.

Sebelumnya, aku mohon maaf menghilang begitu aja darimu. Menjauh dari pandanganmu. Sungguh aku gak ada maksud apa-apa. Aku hanya ingin pergi jauh dari kehidupanmu agar kamu tenang menjalani hidup barumu dengannya. Aku mengalah untuk kebahagianmu. Sekalipun kamu membenciku. Aku ikhlas

Banyak yang ingin aku tanyakan padamu. Banyak juga yang ingin aku perjelas kepadamu sebelum kepergianku. Aku hanya ingin mengatakan, aku tidak pernah membencimu. Dendam apalagi nov. Bagiku, dendam atau benci untuk seseorang yang pernah menjadi bagian dari hidup kita adalah bodoh. Berarti sama aja aku gak menghargai kamu, kenangan tentangmu dan rasa sayangmu dulu. Biarlah marah menjadi marah. Airmata menjadi doa. Di doaku selalu ada kamu. Doa terbaik untukmu yang pernah menjadi yang terbaik untukku.

Bolehkah aku bertanya padamu nov?
Bertanya mengapa secepat itu kamu mendapatkan penggantiku?
mengapa kamu selalu anggap aku kaya anak kecil,mengapa kamu gak pernah peka terhadapku? Mengapa kamu pernah berbohong padaku? Tidak mengakui kebenaran yang sebenarnya sudah lama ku ketahui jujur nov kamu mencintai aku karena kasihan kan?. Jujur, aku marah. Aku marah karena aku kecewa. Kecewa atas semua pengakuan palsumu. Ini bukan masalah cemburu atas perasaan nov. Ini masalah kepercayaan. Katanya kamu mengenal aku? Dimana letakmu mengenalku sedangkan kamu melakukan hal yang tidak ku sukai? Dimana? Kamu tau rasanya dikecewakan, digantikan dan dibohongi. Kenapa kamu melakukan hal yang sama kepada orang yang sayang  banget kepadamu? Kepadaku? Entahlah.. Hanya kamu dan Tuhan yang tau jawabannya nov.

Bolehkah aku mengenangmu? Mengenang segala kenangan indah tentang kita? Aku masih mengingat baik kenangan-kenangan itu. Yang kamu tinggalkan dan kamu lupakan..
Aku masih mengingat panggilan kesayangan kita (Denov) :)
aku masih mengingat tanggal jadian kita 15-06-2010 :)
aku masih mengingat tanggal kamu meninggalkanku dimalam itu 20-02-2013
Aku masih mengingat ketika kamu memeluk erat diriku dan berkata 'jangan pernah tinggalkan aku'
Aku masih mengingat ketika aku kita makan bareng disekolah :)
Aku masih mengingat ketika kamu memberiku semangat ketika aku maen futsal. Taukah kamu? Aku mengalami hal & mengisi doa yang sama
Aku masih mengingat ketika aku menangis melihatmu dan hidupmu. Merasakan sakit yg sama
Aku masih mengingat canda tawa senyum bahagia atas rezeki yang kita dapatkan dan bagi bersama
Aku masih mengingat semua tempat kenangan. Kita berdua. Lagu kita(last child-Pedih). Dan maknanya
Aku masih mengingat senyum, tawa, suara dan harum tubuhmu memelukku
Aku masih mengingat ketakutanmu tentang kehilangan aku dan cerita kita
Aku masih mengingat marahmu, kesalmu, letihpun menghadapiku
Aku masih mengingat khawatirmu, cemasmu untuk ku
Aku masih mengingat setiap isi pesan cinta yang kamu kirimkan untukku
Aku masih mengingat setiap jengkal kenangan tentangmu
Apakah kamu masih ingat. Aku tau. Tentu aja tidak..

Bukan untuk menyakitimu. Tapi mengenangmu menjadi bagian yang paling membuatku nyaman. Taukah kamu? Meminta ku mencari yang lebih baik darimu sesuai mintamu, adalah hal yang mudah. Tapi aku bukan mencari yang terbaik. Aku mencari seseorang yang nyaman. Untukku, hatiku dan kehidupanku. Maaf sampai sekarang aku masih belum bisa menemukannya.

Berbulan-bulan bahkan bertahun aku menjalani hidup tanpamu. Menghilangkan kebiasaan kita adalah hal yang paling sakit dan sulit. Aku terus berusaha bangkit tanpa melupakanmu. Sedikitpun. Bukan karena aku ga mau. Tapi berusaha melakukan sesuatu yang dipaksa itu adalah sia-sia dan hasilnya tidak baik. Jadi, aku menikmatinya. Menikmati kenangan tentangmu dan rasa sakit itu

Mantan terindahku novita cindi..
Di ujung umurku ini aku ingin mengatakan kepadamu. Menyampaikan lewat tulisan singkat ini bahwa aku tidak pernah membencimu. Aku hanya kecewa. Suatu saat kamu pasti akan mengerti bagaimana rasa yang ku rasakan sekarang nov.
Aku harus jujur padamu, entahlah. Apakah aku masih merasakan sayang ini atau tidak. Ku akui. Tidak lagi. Tapi aku tidak berusaha menghapusmu. Aku ingin waktu yang menjawab dan berbicara. Karena kamu kenangan terindahku itulah kenapa aku tidak berusaha menghapusmu. Aku ingin kamu tetap menjadi cerita terindahku yang suatu saat aku ceritakan kepada Tuhan ketika aku menemui-Nya.

Ketika kamu mengerti semua yang aku rasakan sekarang, balaslah suratku ini. Ketika kamu merasakan sedih dan luka sepertiku, hubungi aku maka aku akan menghiburmu. Tidak peduli keadaan kita bagaimana, aku selalu menjagamu dan mendengar ceritamu. Ketika kamu menjadi aku, tolong jangan rapuh. Seperti pesanmu kepadaku dulu.

Jangan menangis nov. Jangan pernah menangis lagi untuk kisah kita, untuk aku ataupun semua pesanku. Aku berdosa apabila membuatmu menangis. Siapa pun dan bagaimanapun dia yang menggantikanku, aku tau. Dialah yang terbaik untukmu. Aku tidak cemburu kepada dia yang lebih baik dariku karena aku tau itu percuma. Semoga kalian berbahagia. Doa terbaik selalu ku lantunkan untuk kalian :)

Sekarang, di ujung umurku aku menulis surat singkat ini. Mungkin waktu kamu membaca surat ini aku sudah tidak ada. Aku menemui Sang Pencipta. Dan aku minta tolong.. Jangan menangis. Aku tidak suka mendengar suara orang menangis, pun di saat akhir hidupku. Tersenyumlah untukku. Senyum terindahmu akan membuatku lebih tenang dan bahagia diperistirahatan terakhirku. Doakanlah aku. Doakan aku, dikehidupan selanjutnya kita bertemu lagi sebagai aku untuk membahagiakanmu dan menebus segala kesalahanku untukmu. (15-06-2010)

***
Setelah w lama hidup dalam kesendirian w menemukan wanita yang bisa mengobati luka hati ini,sebut saja namanya Putri,wanita berkerudung ini mempunyai mata yang indah,dan mempunyai kelembutan hatinya, yang membuat w kagum akan dirinya,pada saat itu juga w mulai penasaran akan dirinya dan mulai mendekatinya,

Setelah beberapa hari w akrab sama dia lalu timbullah rasa cinta ini,hingga w mencoba untuk mengungkapanya,diapun merespon dengan baik,dengan dia w merasa bahagia kembali,Putri adalah pacar kedua w setelah mantan w Novi,namun setelah pacaran beberapa minggu dengan dia,dia memutuskan pergi ke kota Bandung untuk melanjutkan kuliahnya,nahas banget percintaan w,padahal w udah mulai sayang banget sama dia,yah kegalauan pun kembali hadir dalam hidup w,namun w tetap percaya dia disno bisa menjaga hatinya,LDR terus w jalani untuk menjaga kestiaan ini.

Katanya cinta membuat kita selalu bahagia,namun apa yang w rasain,memang tidak mudah menjalani kisah yang dipisahkan oleh jarak,rasa kangen yang ada,rasa percaya yang harus diuji terus,rasa cemas dan kekhawatiran,kesalahpahaman yang sering terjadi,itulah  yang w alami dalam cinta LDR ini,segala usaha terus w lakukan untuk menjaga hubungan ini,


Putri saat aku menulis ini,aku masih terjaga diantara semua orang yang terlelap tidur,entah kenapa pena ini begitu lancar menggoreskan sedikit kata-kata
masih tergambar jelas pertemuan kita,
kaulah sosok seseorang yang mampu membangkitkan semangat hidup ini,tapi kini aku dan kamu terpisah oleh jarak yang tak menentu,rasa curiga terus menghampiri hidup ini,semoga kamu disno bisa menjaga hati ini ya,aku disini merindukanmu

Setelah kepergian Putri ke Bandung hidup w kemblai dihatui rasa galau dan kesepian,w butuh sahabat untuk mendengarkan setiap kepingan hidup ini,

****
Sudah bebrapa hari hidup w sepi kembali,hingga pada saat pagi datang mataharipun mulai memancarkan senyumnya,seperti biasa w terbangun dari tidur dan siap pergi kesekolah dengan rasa yang penuh dengan kemalasan,bagaimana tidak kini penyemangat hidup w telah jauh disana,pada saat  itu juga kegalauan w memuncak kembali,pintu kelas sudah menunggu w,lalu w bukalah pintu kelas itu dengan rasa kecewa,hari itu juga w melihat seseorang wanita yang cantik duduk dimeja depan,dia mempunyai wajah yang ceria,dia mempunyai rambut panjang yang selalu dimainkanya,suara kecilnya lah yang membuat w tertawa kembali,dia teman sekelasku sebut saja namanya Deswita,pada saat itu pula w mulai penasaran akan dirinya,lalu w mencoba meminta nomer hanphone dia melalu facebook,lalu akrablah w dengan dia,kami pun sering berkomunikasi lewat sms

Pada saat mengenal Deswita hidup w mulai terasa berbeda,perkenalan kami memang baru,tapi kami sering bertukar cerita,dia lucu hingga terbesit dalam benak w untuk menjadikan dia sahabat

W salut akan dirinya dia mempunyai semangat hidup yang luar biasa,bagaimana tidak rumah dia jauh dari sekolah tapi dia masih masuk sekolah,bahkan setiap haripun dia harus bangun jam 4 pagi agar tidak terlambat ke sekolah,

Ketika malam datang, Mataharipun mulai terbenam,lalu digantikan sang rembulan,lalu w pergi dengan Nutri,Irdi,yah kami bercanda dengan suka riang kami saling ejek-ejakan,semua itu semata-mata hanya untuk menghilangkan rasa kegalauan ini,
Nutri dan Irdi adalah sahabat w disekolah kami bertigapun sering bertukar cerita tentang kehidupan kita masing-masing.
Nutri itu orangnya baik tapi yang gag w suka dia terlalu lebay :D kalau Irdi orangnya pendiam tapi kalau ngomong sama dia suka gak nyambung wakakakkak...

Malam pun mulai gelap kami bertigapun memutuskan untuk pulang kerumah masing-masing,selama perjalanan kami tertawa lepas,hingga ada seseorang mengatakan kami gila :D wakakakak
sesampainya dirumah w mulai berbaring tapi entah kenapa setekah sampai dirumah rasa galau inipun timbul lagi,w mencoba memenjamkan mata ini,tapi rasanya berat,

Pagipun mulai datang kembali,w pun berangkat menuju sekolah yang sebentar lagi pintu gerbang akan ditutup sama pak Dedy,dengan muka yang cenberut w memasuki kelas,pelajaran w ikutin dengan tidak konsen,bel istrahat pun berbunyi,tanpa sengaja w melihat Deswita menangis dan mengeluarkan air mata,w pun mulai mendekatinya,karena w gag suka melihat seseorang waita menangis,lalu w pun mulai bertanya,ternyata dia ada masalah sama cowonya,pada saat itu juga w gag mau kepo karena itu masalah pribadi dia,bel sekolah tanda pulangpun berbunyi pada saat itu juga w sebenernya mau mengajak dia kesuatu tempat agar dia bisa tersenyum kembali,tapi tanpa disangka-sangka Zaki teman paling akrab dia dikelas mengantarkanya pulang,w pun hanya bisa senyum,

Namun apa yang terjadi perasaan cinta inipun datang secara tiba-tiba tanpa diundang,sebenernya niat w hanya mengingikan dia menjadi sahabat doang,w merasa setlah lama-kelamaan berada didekat diasemuanya berubah,cinta memang dahsat berbeda sekali dengan harapan,entah mengapa semenjak mengenal dia w menjadi bersemangat pergi kesekolah,,pada saat itu juga w mulai berpikir untuk menjadi lelaki yang pantas buat dia,tapi sadar Den dia sudah mempunyai cwo begitupun w..
yah rasa ini biarkan terpendam..

Deswita,mungkin lu tidak akan pernah tau betapa berartinya diri lu dimata w,
mungkin lu juga tidak akan mengerti betapa sayang w terhadap lu,
Karena pertemuan kitalah yang membuat w semangat hidup.mungkin w egois Des berharap bisa memiliki lu,w juga bingung kenapa perasaan ini tiba-tiba muncul,
Tapi w sadar Des...
W ga mau merusak persahabatan kita dan w juga gak mau merusak hubungan lu denganya,

W gak peduli des lu mau marah sma w apa gak,dan lu anggap w apa,tapi yang jelas w menganggap lu sebagai sahabat w,sahabat yang bisa membakitkan semangat hidup w kembali,yah bagi w sahabat bukanlah orang yang membebaskan kita utuk berbuat apa-apa,tapi sahabat adalah orang yang selalu menegur kita disaat kita salah dan mendukung kita saat kita benar.

*****
Semenjak mengenal ketiga wanita itu hidup w terus berjalan dalam setiap kepingan cinta,benar sekali menjadi lelai dewasa tidaklah mudah,lelaki dewasa itu mempunyai tanggung jawab yang besar,tapi menurut w lelaki dewasa itu harus bisa membuat orang yang ada disekitar kita tersenyum.

W pun hanyalah manusia biasa yang penuh dengan kekurangan,tapi jujur sebenernya w hanya ingin membuat orang yang ada disekitar w tersenyum,pada saat itu juga w mulai belajar dari sebuah kesalahan,hanya doa lah yang mamup membawa w ke dalam rencana Tuhan..

Benat sekali kini w harus bisa menjalani hidup ini,w akuin,w memang lelaki lemah dan bodoh,tapi selama ini w tumbuh menjadi lelaki yang penuh dengan perjuangan,walaupun begitu banyak masalah yang menimpa hidup w,sebenernya w sendiripun gag sanggup untuk menghadapinya,yah kedewasaaan itu tidak memandang umur dan fisik,namun w rasa kedewasaan itu diukur dari hati,yah benar hati,inilah pusatnya kelemahan manusia,tapi w menjadikan kehidupa ini adalah sebuah langkah untuk menjadi yang terbaik.

begitu banyak kenangan dalam hidup w,umur w pun semakin bertambah,semakin banyak masalah yang akan w hadapi,yah segalah macam masalah pasti ada jalan keluarnya,

entah mengapa saat cinta datang begitu indah,tapi ketika cinta pergi kaya memakan garam,tapi semua itu kembali lagi pada diri kita masing-masing.

kehidupan ini memang kejam,jadi jangan pernah salahkan kehidupan,tetap berdoa dan bersyukur,semoga dimulai hari ini kehidupan w akan lebih baik kedepanya,dan berharap ada seseorang yang bisa menemani setiap langkah kaki ini menuju kesuksesan...

entah mengapa cinta sesuatu yang membingungkan,saat cinta datang dalam hidup ini rasanya seperti hidup lebih bermakna.dan menjadikan hidup kita penuh dengan kebahagiaan,setiap orang pasti pernah merasakan cinta,karena cinta datang begitu saja tanpa diundangmcinta itu seperti air yang mengalir lalu membakar seperti api,

Cinta juga membawa w dalam kebahagiaan yang sangat luar biasa,cinta sungguh bermakna dalam setiap kehidupan,tapi saat kita merasakan cinta sunguh sulit utnuk mengungkapinya,benar kan bro :)
tapi saat cinta pergi hati kita tak sanggup lagi untuk menahanya.

Menaruh sebuah rasa memang tidak mudah,semua itu memang butuh perjuangan,tapi inilah kehidupan walau terkadang kita harus berada dibawah,kitapun sering merasa bingung dengan keaadan ini,walaupn dengan terpaksa kita harus terima kenyataan pahit,sungguh sakit rasanya,tapi inilah ralita nyata kehidupa kita,yah semua itu seperti air laut yang selalu pasang dan surut,semua itu adalah rencana Tuhan terhadap alam.

begitupun renaca Tuhan terhadap pasangan kita nanti,beginilah kehidupan,yang mengenalkan kita kepada rasa,cinta,sayang dan benci semua itu akan menyatu dalam hidup kita.


~The End~



Tidak ada komentar:

Posting Komentar