Jumat, 19 Desember 2014

pengalaman :)

Menjadi penulis itu tidak semudah yang dibayangkan ya dan tidak juga semudah yang terlihat atau yang tersirat ketika kita membaca karya-karya besar – apalagi karya kecil seperti saya ini. Tidak sekedar kemampuan merangkai kata agar nyaman dibaca, tetapi juga butuh di dalamnya perpaduan ilmu dan pengalaman hidup. Ilmu yang kita peroleh dari membacadan belajar. Lalu pengalaman, yang kemudian menjadi penyedap dan penguat agar cita rasa tulisan kita semakin lezat seperti masakan.
Saya juga pernah belajar dari orang dibawah umur lebih dari saya namanya #Citra Anindya , benar sekali kata dia menulis itu kaya memasak , kalau kurang bumbu yang gereget rasanya :)

Dan terkadang kita juga mudah untuk menulis, tetapi sulit untuk menjadi eksekutor atas tulisan kita tersebut. Itu adalah salah satu hambatan yang pasti akan dialami oleh setiap penulis – tak terkecuali saya. Penulis bukan orang yang pasti pintar, malahan setahu saya, penulis kebanyakan adalah seorang pembelajar. Buku sudah dianggap kawan bagi seorang penulis. Dari bukulah penulis belajar, untuk kemudian mencetuskan gagasan baru. Dari buku penulis membaca dan mendapatkan ilmu  untuk kemudian diolah menjadi wacana baru. :)

ini pengalaman saya , mana pengalamanmu ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar